Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 17 Februari 2012

Tips memelihara ikan louhan

1. Siapkan Akuarium Yang Sesuai
Volume akuarium tergantung ukuran, ikan lou han kecil 5-7,5 cm bisa menggunakan akuarium 20x30 cm², sebesar akuarium ikan cupang. Ikan besar, 10-15 cm memerlukan akuarium lebih besar,40x60 cm². Lou Han berukuran di atas 25 cm gunakan akuarium 60x120 cm². Agar Lou Han berukuran 40 cm dpt bergerak bebas, akuariumnya 80x166-180 cm². 
2. Memilih Lou Han
Pilihlah Lou Han berukuran 5-7,5 cm, saat itu tanda kcantikan mulai tampak. Pada ukuran ini, corak hitam, gemerlap bakal bintik mutiara, dan warna sudah mulai tampak. Itulah tanda pertama yang harus diperiksa.
Grade A (harga maks. 750rb per ekor)
Sepanjang gurat sisi dari pangkal ekor sampai tutup insang dipenuhi corak hitam. Biasanya ada lebih dari 6 corak.
Grade B (harga ±150rb per ekor)
Ada 3 corak hitam.
Grade C (harga ±30rb per ekor)
Corak hitam kuran dari 3 dan badan cenderung panjang.  
3. Tanda Keindahan
pertama, badan ikan tidak pucat
kedua, pilihlah ikan yang mengkilap bila terkena cahaya
ketiga, hindari ikan bersemburat kuning karena itu kelainan genetik 
4. Mengisi Air
Kualitas air yang dibutuhkan Lou Han umumnya bersifat rendah kesadahan atau soft. Kesadahan tinggi dapat diatasi dengan cara tradisional, caranya, rendam 3 lembar daun ketapang kering dlm 1 liter air, setelah 2-3 hari, masukkan air rendaman tersebut ke dlm akuarium.
LouHan hidup baik pada suhu cuku hangat, 28-30 derajat Celcius. Air dingin dapat menyebabkan nafsu makan ikan kurang & pertumbuhannya lambat.  
5. Memberi Makan
Cacing rambut, blood worm, udang tawar, dan cacing tanah adalah pakan terbaik. Untuk pemberian pelet dibiasakan sejak kecil. 
6. Perawatan
Bersihkan kotoran ikan yang ada di dalam akuarium selama 2-3 hari sekali untuk menjaga kesegaran air. Agar dinding tidak berlumut, dapat memelihara ikan Sapu-sapu, dengan ikan satu ini, ikan Louhan "segan" sehingga tidak menjahilinya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar