Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 28 April 2012

Ciri Benih/Bibit Ikan Lele Sangkuriang Berkualitas

Hai sobat ikan mania, saya ingin membagikan tips seputar mengetahui ciri-ciri bibit ikan lele yang berkualitas, silahkan disimak


Benih lele yang digunakan untuk kegiatan pembesaran harus benar-benar baik dan dalam kondisi sehat. Benih lele yang tidak baik gampang sekali terkena penyakit dan pertumbuhannya kurang optimal. Menurut Kholish Mahyuddin (2011) pemilihan benih lele yang baik dan sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Ukuran seragam dan berwarna cerah (mengkilap);
  2. Gerakannya lincah dan gesit;
  3. Tidak cacat dan tidak luka di tubuhnya;
  4. Bebas dari bibit penyakit;
  5. Posisi tubuh dalam air normal;
  6. Menghadap dan melawan arus ketika diberi arus.
Ukuran benih lele sebaiknya seragam sekitar 5 sampai 7 cm/ekor. Tujuannya agar masing-masing lele tidak saling mengganggu dan pertumbuhannya bisa seragam. Sesuai karakternya, lele adalah binatang kanibal. Jika kekurangan pakan, lele akan memangsa sesamanya, terutama lele berukuran kecil. Benih lele yang berukuran kecil juga akan kalah dalam bersaing mendapat pakan.

Sebagai tambahan, selain ciri-ciri benih berkualitas diatas, sebaiknya benih lele berasal dari jenis lele unggul misalnya lele sangkuriang, phyton, atau masamo. Berasal dari induk berkualitas yang jelas asal usulnya, hal ini dapat dibuktikan dengan sertifikat asal induk.


Website ini berisi segala informasi mengenai ikan, silahkan cari informasi seputar ikan di website ini, semoga website ini mendatangkan manfaat. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar