Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 09 Juni 2012

Ratusan Koi Cantik Hiasi Telaga Seafood

SERPONG UTARA, KOMPAS.com - Ratusan ikan koi warna-warni memenuhi restoran Telaga Seafood BSD dalam rangka Bazaar dan Lelang Koi Ogata Grow Up pada 17–19 Mei 2012.
“Ini diadakan setiap tahun, kita ambil lokasi di BSD tahun ini, biasanya di Caringin, Bogor,” kata Ketua Penyelenggara Ogata Grow Out Sugiarto Budiono, Sabtu (19/5/2012).
Pengunjung dapat membeli ikan yang dipamerkan, mengikuti diskusi seputar ikan koi, hingga lelang koi pada acara yang diselenggarakan oleh Jakarta Koi Center, dealer Ogata Koi (ternak ikan koi di Jepang) ini. Dalam program Grow Up ini, pembeli ikan Koi tidak langsung membawa pulang koi cantik tersebut, tetapi akan diserahkan kembali kepada dealer untuk dirawat dan ditumbuhkan hingga bulan September 2012.
“Orang beli ikan tapi tidak langsung dibawa pulang. Dikumpulkan di tempat saya, nanti ditumbuhkan bersama sampai September, pas ulang tahun Jakarta Koi Center akan dilombakan,” kata pendiri Jakarta Koi Center, Sugiarto, Sabtu (19/5/2012).
Ikan-ikan koi yang dipamerkan di sini terdiri dari bermacam jenis koi. Ada koi berwarna hitam-putih yaitu jenis shiro dan jika berwarna hitam-putih-merah merupakan jenis showa. Selama tiga hari, ada sekitar 150 koi yang dilelang dan lebih dari 300 koi yang dipamerkan sekaligus untuk dijual. Lelang dimulai dari harga Rp 1 juta.
Lelang pertama 22 ekor jenis sanke, 19 ekor ginrin showa dan 20 ekor shiro utsuri. Lelang kedua sebanyak 30 ekor nisai dan sansai ogata. Pada lelang ketiga pada Sabtu, ada 45 ekor di mana 50 persen hasil lelang ketiga ini akan disumbangkan kepada Sekolah Dasar Salamo di Semarang. “Semua koi yang dilelang ini dari Jepang, tidak ada yang lokal,” kata Sugiarto.
Penggemar maupun peternak ikan koi pun hadir dalam acara tersebut. Selain cantik dan memiliki corak yang unik dan beragam, ikan koi juga dianggap sebagai penghilang stres saat melihatnya berenang di air ke sana kemari.
“Melihat ikan koi bisa menghilangkan stres juga,” kata salah satu penggemar ikan koi Harry Nugroho yang juga Ketua Tangerang Koi Club. Harry memiliki peternakan koi di rumahnya. Ia juga meneliti tentang koi hingga dalam acara ini ia turut menjadi pembicara talk show bertema “Budidaya Koi di Halaman Rumah Kita”. Menurut Harry, kualitas air sangat penting dalam perawatan koi sehingga ikan tersebut dapat hidup selama puluhan tahun.

sumber http://serpong.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar